I. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (KOMPETENSI/ HASIL DIDIK). Menurut pendapat peserta didik apakah Kompetensi/hasil Pendidikan Sespimma Polri dibawah ini sudah sesuai ? 1 = Sama sekali tidak sesuai 2 = Tidak sesuai / kurang 3 = Sesuai 4 = Sangat sesuai
A. SIKAP DAN TATA NILAI 1. Menghayati dan mengamalkan pancasila, tribrata dan catur prasetya sebagai insan bhayangkara yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa
2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik serta kesamaptaan yang prima di dalam melaksanakan tugas.
3. Mampu berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta menjaga ketertiban dalam negeri dan perdamaian dunia.
4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkunganya.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta keaslian pendapat/temuan original orang lain (menjaga toleransi)
6. Menjunjung tinggi penegakan hukum, sebagai pejuang kemanusiaan, menjaga keteraturan sosial, serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
B. PENGUASAAN KEILMUAN/PENGETAHUAN 7. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual & prosedural dalam lingkup kepemimpinan.
8. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual & prosedural dalam lingkup kajian manajemen operasional.
9. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam lingkup kajian manajemen pembinaan.
10. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam lingkup kajian perkembangan lingkungan strategis.
11. Memiliki pengetahuan dalam lingkup kajian peradigma.
12. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural tentang penelitian, penulisan dan evaluasi NKP, Naskap.
C. KETERAMPILAN UMUM 13. Memiliki keterampilan mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis & kreatif dalam konteks implementasi ilmu pengetahuan & teknologi Kepolisian yang memperhatikan nilai-nilai humaniora.
14. Memiliki keterampilan menerapkan nawacita dan revolusi mental dalam pelaksanaan tugas Polri.
15. Memiliki keterampilan menjadi agen perubahan dalam menata organisasi yang dipimpinnya dalam mewujudkan pelayanan prima.
16. Memiliki keterampilan mengimplementasikan kebijakan dan strategi Polri dalam pelaksanaan Tugas.
17. Memiliki keterampilan mengaplikasikan proses pengambilan keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah berdasarkan hasil kajian analisis terhadap informasi & data.
18. Memiliki keterampilan mengolah konflik intern organisasi, memelihara soliditas dan solidaritas kesatuan maupun dengan TNI, Instansi terkait serta masyarakat.
19. Memiliki keterampilan menganalisis perkembangan lingstra guna memprediksi dan mengantisipasi ancaman serta peluang kamtibmas sampai dengan jangka sedang / menengah.
D. KETERAMPILAN KERJA KHUSUS 20. Memiliki keterampilan menyusun konsepsi ilmiah hasil kajian ilmu dan tekhnologi Kepolisian berdasarkan kaidah tatacara dan etika karya ilmiah.
21. Memiliki keterampilan mengaplikasikan Managemen Course III.
22. Memiliki keterampilan melakukan validasi hasil kajian bidang ilmu dan teknologi kepolisian dalam menyelesaikan masalah dimasyarakat.
23. Memiliki keterampilan merumuskan ide, hasil pemikiran dan argumentasi saintifik secara bertanggung jawab serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat.
24. Memiliki keterampilan menganalisa dan menanggulangi permasalahan berkaitan dengan penyelundupan manusia (People Smuggling).
25. Memiliki keterampilan mengelola krisis dan kondisi darurat yang berimplikasi kepada keamanan dan ketertiban masyarakat.
26. Memiliki keterampilan menganalisis perkembangan lingstra guna memprediksi dan mengantisipasi ancaman serta peluang kamtibmas sampai dengan jangka sedang / menengah.
27. Memiliki keterampilan manajemen audit terhadap kinerja organisasi
28. Memiliki keterampilan menganalisa pemanfaatan IT dan media sosial dalam upaya pembentukan opini positif tentang Polri.
Previous Next
III. KEGIATAN PEMBELAJARAN INTI
A. Mata Pelajaran Dasar
1. Karakter Kebangsaan 39. Pancasila dan UUD 1945
40. NKRI dan Bhineka Tunggal Ika
41. Sejarah Polri di Indonesia
42. Filsafat Ilmu Kepolisian
43. Kode Etik Profesi Polri dan Disiplin Polri
2. Kepemimpinan 44. Berpikir Sistem Operasional.
45. Kepemimpinan Transformatif dan melayani.
46. Problem Solving dan Pengambilan Keputusan.
47. Kepemimpinan Tingkat Polres.
3. Manajemen 50. Analisis SWOT dan AHP.
51. Standar Operasional Prosedur (SOP).
52. Manajemen tingkat Polres.
B. Mata Pelajaran Inti
1. Manajemen Pembinaan 54. Manajemen Keuangan Polri.
55. Perencanaan dan Penganggaran Polri.
56. Manajemen Logistik Polri.
2. Manajemen Operasional 59. Harkamtibmas dan Bahaya Terorisme.
60. Sistem Manajemen dan Standar Keberhasilan Operasional Polri.
63. Manajemen dan standar keberhasilan Fungsi Reskrim.
64. Manajemen dan standar keberhasilan Fungsi Lantas.
65. Manajemen dan standar Keberhasilan Fungsi Binmas.
66. Manajemen dan standar Keberhasilan Fungsi Sabhara.
67. Pengamanan Event Internasional.
68. Manajemen Kehumasan Polri.
3. Hukum Perundang - Undangan 69. Penegakkan HAM, Hukum dan Keadilan.
70. Penegakan Hukum Berbasis SCI (Scientific Crime Investigation)
71. Tindak Pidana Korupsi.
72. Diskresi Kepolisian, Restorative Justice dan
73. Tindak Pidana Narkoba.
74. Tindak Pidana Judi Online.
C. MATA PELAJARAN KAPITA SELEKTA 76. Kemampuan Transformasi Digital.
77. Transformasi Menuju Polri Presisi.
78. Tata Kelola dan Pemeriksaan Keuangan Negara.
79. Revolusi Industri dan Society 5.0.
80. Manusia dan Peradaban.
81. Inovasi dan kreatifitas yang mendorong kemajuan Indonesia.
D. METODE PENELITIAN DAN PENULISAN KARYA TULIS 82. Metodologi Penelitian.
83. Panduan Penyusunan Karya Tulis.
84. Pembimbingan Karya Tulis.
85. Verifikasi Judul Taskap.
E. AKTUALISASI DIRI / KULIAH, LATIHAN DAN PRAKTEK KERJA
1. BENCHMARKING Aktualisasi Diri86. Sosialisasi materi aktualisasi diri melalui KKP.
89. Aktualisasi diri melalui KKP.
90. Sosialisasi materi aktualisasi diri melalui PKP.
91. Aktualisasi diri melalui PKP.
1. LATIHAN 92. Latihan Manajemen Pengembangan Diri dan Perubahan Mind Set.
93 Leadership Training (Bina Cendikia Samapta).
94. Management Training Level-II.
96. Simulasi Manajemen Penanggulangan Bencana (Disaster Management).
Previous Next
IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN. 1. TENAGA PENDIDIK
Menurut pendapat peserta didik, apakah Tenaga Pendidik (Gadik) / Dosen yang memberikan pelajaran sebagaimana tersebut di bawah ini telah memiliki latar belakang, pengetahuan, pengalaman, keterampilan / keahlian yang sesuai dengan peruntukannya ? 1 = Sama sekali tidak sesuai 2 = Tidak sesuai / kurang 3 = Tidak sesuai / kurang Sesuai 4 = Sangat sesuai
135. Kasespim Lemdiklat Polri
136. Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri
137. Para Kabid Sespim Lemdiklat Polri
138. KBP Swittanto Prasetyo, S.I.K.
140. KBP Drs. Pringadhi Supardjan
141. Kabag Jianbang Sespim
142. Brigjen Pol Mardiyono, S.I.K.,M.Si.
143. KBP Taufik Hidayat, S.H.,S.I.K.
144. Komjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si.
145. KBP Purwanto, S.I.K.,M.Si.
146. Dr. Andreo Wahyudi Atmoko, M.Si.
147. BJP (P) Drs. Chevy Ahmad Sopari, M.H.
148. BJP Yusran Cahyo, S.I.K.
149. PROF.Dr. Atwar Bajari, M.Si.
150. KBP Yogi Ginanjar, S.I.K.,S.H.
153. Brigjen pol (P) Iswahyudi
155. KBP Aprianto Suseno, S.I.K.
156. BJP Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si.
157. Komjen Pol Eddy Hartono, S.I.K.
158. Dir Reskrimsus Polda Jabar
160. Dir Resnarkoba Polda Jabar
161. Dirsiber Bareskrim Polri
162. Mochammad Rudi Wahyudi, S.E., M.Ak.C.A., C.CF.C.F
163. Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, M.T.
165. Irjen Pol (P) Drs. Syafril Nursal, S.H., M.H.
166. Dr. Andreo Wahyudi Atmoko, M.Si.
167. Dr. Cepi Triatna, M.Pd.
168. AKBP Drs. Sabri Manullang, M.Pd.
169. Kompol Heni Mardiyatmi, S.IP., S.Sos. M.Sc.
170. AKBP Santhi Rianawati, S.H.
171. Kompol Sunu Prihandoyo, A.Md.
172. AKBP Asep Kamaludin, M.M.
173. AKBP Tutik Suswanti, S.Kep., M.M.
174. AKBP Dewi Susilo Pangestuti, A.Md.
175. AKBP H. Max Alfradianto, S.T.P., S.H., M.H.
176. AKBP Drs. Ayik Nurul Mutaqin
177. AKBP Burhanuddin, S.E.
178. Kompol Dedi Hermawan, S.H.
2. TENAGA PENDIDIKAN.
Menurut peserta didik apakah Tenaga Kependidikan di Sespima Polri telah memiliki kriteria berikut ini yang sesuai dengan tuntutan kelangsungan pelaksanaan operasional pendidikan ? 1 = Sama sekali tidak sesuai 2 = Tidak sesuai / kurang 3 = Tidak sesuai / kurang
Sesuai
4 = Sangat sesuai
179. Sudah Memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu secara spesifik sesuai dengan fungsinya masing masing.
180. Sudah sesuai dengan struktur dan fungsi yang terdapat dalam organisasi Sespim Polri.
181. Koordinasi dalam penyelenggaraan Pendidikan sudah memadai.
182. Perlu memiliki penetapan jangka waktu lamanya menjadi Tenaga Kependidikan di Sespim Polri.
183. Wasru, Wasdal dan tim pendukung yang melaksanakan Gladi Posko Olah Taktis sudah memadai.
V. STANDAR SARANA PRASARANA 1. FASILITAS PENDIDIKAN. Bagaimana pendapat peserta didik mengenai Fasilitas Pendidikan berikut ini yang dipergunakan di Sespimma, apakah masih memenuhi syarat bagi berlangsungnya pendidikan ? 1 = Sama sekali tidak sesuai / sama sekali tidak memenuhi syarat 2 = Tidak sesuai / kurang memenuhi syarat 3 = Sesuai / memenuhi syarat 4 = Sangat sesuai / sangat memenuhi syarat
185. Ruangan Perpustakaan.
189. Makanan yang disediakan.
190. Fasilitas olah raga dan kegiatan ekstra/non kurikuler.
191. Pelayanan kesehatan.
192. Lingkungan Setempat/Kebersihan, dll.
194. Pelayan peserta didik.
2. ALAT INSTRUKSI / PENOLONG INSTRUKSI (ALINS / ALONGINS) Bagaimana pendapat peserta didik mengenai alins/alongins berikut ini yang dipergunakan di Sespimma, apakah masih memenuhi syarat dan mendukung bagi berlangsungnya pendidikan Sespimma Polri ? 1 = Sama sekali tidak sesuai / sama sekali tidak memenuhi syarat 2 = Tidak sesuai / kurang memenuhi syarat 3 = Sesuai / memenuhi syarat 4 = Sangat sesuai / sangat memenuhi syarat
196. Wireles/ Pengeras Suara/ Audio Visual.
200. Meja, Kursi Belajar di Kelas.
201. Meja, Kursi Belajar di Asrama / Dormitori.
203. Perlengkapan Kamar di Dormitori.
204. Alat Peraga dalam Olah Taktis.
VI. STANDAR PENGELOLAAN (MANAJEMEN OPSNALDIK) Menurut peserta didik apakah Opsnaldik yang selama ini dilaksanakan masih relevan untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar di Sespimma Polri 1 = Sama sekali tidak sesuai 2 = Tidak sesuai / kurang 3 = Sesuai 4 = Sangat sesuai
205. Perlu diadakan Pre Test dan Post Tes untuk masing-masing Mata Pelajaran.
206. Evaluasi pertahap pendidikan masih diperlukan
207. Obyektivitas penilai rata-rata untuk tiap kegiatan masih dapat diandalkan.
208. Penilaian sosiometri sudah memadai.
209. Penilaian Olah Taktis sudah relevan.
210. Penilaian Taskap sudah memiliki kredibilitas.
211. Transparansi dalam penilaian sudah memadai
212. Kesempatan pemilihan judul Taskap.
213. Penetapan Judul Taskap
214. Penetapan Mitra Diskusi.
215. Kesempatan Diskusi dengan Mitra Diskusi.
216. Kesempatan (durasi waktu) untuk penulisan Taskap.
217. Panduan penulisan Taskap.
218. Dukungan atau bantuan yang diberikan untuk kesempurnaan Taskap oleh mitra diskusi.
VII. STANDAR PEMBIAYAAN Dari apa yang peserta didik rasakan selama ini, khususnya menyangkut standar pembiayaan yang disediakan oleh pihak penyelenggara pendidikan (Sespimma Polri) ? 1 = Sama sekali tidak sesuai / sama sekali tidak memenuhi syarat 2 = Tidak sesuai / kurang memenuhi syarat 3 = Sesuai / memenuhi syarat 4 = Sangat sesuai / sangat memenuhi syarat
219. Akomodasi / Dormitory.
220. Konsumsi (makan dan snack).
221. Operasional Pendidikan.
223. Kegiatan Olah Taktis.
VIII. STANDAR PENILAIAN. Melihat persyaratan calon peserta didik, pendidikan Sespimma Polri sebagaimana dijelaskan berikut ini, menurut peserta didik apakah masih tetap relevan/sesuai untuk dipertahankan sampai 5 tahun mendatang ? 1 = Sama sekali tidak sesuai 2 = Tidak sesuai / kurang 3 = Sesuai 4 = Sangat sesuai
225. Pemeriksaan Administrasi.
Sebelumnya Selanjutnya